Tuesday, February 24, 2009

3 Bidang Penting Dalam Pendidikan

Meraih masa depan cerah dengan pendidikan untuk mendapatkan keamanan finansial merupakan salah satu tujuan dalam menjalani karir dan dalam berbisinis disamping tujuan tujuan yang lain yakni ingin mendapatkan pengakuan, penghormatan dan tujuan sosial lainnya. Untuk itu diperlukan perencanaan yang matang sejak usia dini atau masa pendidikan. Pendidikan merupakan salah satu modal dalam berkarir dan berbisnis.

Dalam menempuh pendidikan ada 3 hal penting yang diperlukan oleh orang tua, pembelajar/siswa, guru, atau perencana pendidikan. Yakni mengenai materi pendidikan yang perlu diajarkan:

1. Pendidikan scholastic(dasar). Seperti agama, berhitung dan bahasa dan kesehatan.
Agama. Pendidikan agama sangat diperlukan karena dengan memiliki agama, maka seseorang bisa memperoleh petunjuk, motivasi, kedamaian, ketenangan jiwa, kesehatan rohani atau soul health.
Berhitung atau matematika diperlukan agar kelak siswa bisa berpikir matematis dan bisa membuat perhitungan-perhitungan untuk perencanaan, penelitian, aktivitas berdagang dan aktivitas lain yang mana angka-angka sangat diperlukan dalam dunia kerja.
Bahasa Indonesia atau bahasa asing agar siswa bisa berkomunikasi dengan baik secara lesan dan tulis. Dewasa ini banyak informasi bisa diperoleh dari media cetak dan elektronik(internet) apalagi kemampuan bahasa Inggris sangat dibutuhkan dalam menyerap ilmu pengetahuan baru dan berkomunikasi secara verbal.
Pendidikan kesehatan kepada siswa diperlukan agar kelak minimal bisa menjaga kesehatannya sendiri.

2. Pendidikan ketrampilan(skill)
Pendidikan ketrampilan diperlukan dalam dunia kerja , memperoleh kerja atau membuat usaha usaha mandiri. Ketrampilan bisa berupa bertani, memasak, menjahit, mengetik, computer, mekanik, mengajar, manajemen, memasarkan, elektronika, dll.

3. Pendidikan keuangan(financial education)
Pendidikan ini diperlukan agar seseorang bisa mengelola keuangannya dengan baik. Bagaimana agar perekonomian rumah tangga agar tidak goyah, mengatur belanja, tabungan atau investasi.

Dengan 3 bidang pilar pendidikan tersebut, maka seseorang memiliki modal untuk mencapai kesuksesan hidup. Selanjutkan diperlukan penekanan terhadap konsistensi diri untuk menerapkan ilmunya yang diperoleh dalam belajar secara terus menerus sehingga ilmu yang didapat melekat secara permanen pada diri pembelajar dan berguna bagi diri sendiri atau orang lain.

Referensi: Rich Dad Poor dad, Robert. T. Kiyosaki

No comments:

Post a Comment